Thursday, November 11, 2010

Tante Bisa Lebih Kejam dari Ibu Tiri... (Curhat kehidupan tentang Keponakan)



Beberapa waktu yang Lalu gua udah resmi diangkat sebagai tante. Kakak gua yang pertama beranak, dan voila.. lahirlah Ferdinand Fauztine Sutanto.

Dan malem minggu ini, gua hunting baju obralan di matahari. Berempat, gua, kakak yang pertama, kakak gua yang kedua, plus Yong Min (nama Chinese Ferdinand). Dia udah umur 2 tahunan sekarang. 2 tahun jalan lah. Dan siapa yang sangka tuh anak BANDEL SETENGAH MATI!

Siapa yang bilang ibu tiri itu kejam? Ternyata tante bisa lebih kejam daripada ibu tiri. Kalau ada yang ngeliat apa aja yang udah gua lakuin ke keponakan gua yang satu itu, mungkin gua bisa dibilang psikopat. Biarlah, gua jabarkan siksaan apa aja yang udah gua lakukan...

Waktu di depan matahari, dia tiduran di lantai. Karena mau keluar, tapi gak dikasih. Akhirnya tuh anak gua tendang, saking keselnya (um, suwer. Ini kakak gua ga tau, karena kalo sampe dia tau sih… gua ga tau apa yang bakal terjadi), pas masuk ke matahari,tuh anak gua jorokin sampe jatoh terjerembab di lantai. DI DEPAN EMAKNYA!! Kenapa? gua ga takut. Waktu dia ngisengin kasir, tangannya gua bejek sampe biru dan gua tarik kenceng-kenceng. Kenapa? toh emaknya ga mau ngurusin.

Akhirnya tuh anak sampe ngilang di matahari. Kenapa? gua sama kakak gua yang ke2 lagi di kasir bayar baju, dan emaknya dia lagi facebookan di hape. Kata emaknya, “Gua ga mau ngurusin tuh anak. Capek!” kalo enci gua yang emaknya aja ga mau ngurusin, terus motivasi apa yang bisa bikin gua MAU ngurusin tuh anak setan!

KEPONAKAN BERUMUR 2 TAHUN= MALAPETAKA

Rumus baru yang gua ciptakan. Tuh anak udah abis-abisan gua caci maki. “DASAR ANAK SETAN! DASAR ANAK TUYUL! DASAR ANAK GILA! DASAR ANAK AUTIS! DASAR ANAK KELEBIHAN HORMON! DASAR ANAK MONYET!” jadi kalo pake rumus matematika= DASAR ANAK! (SETAN, TUYUL, GILA, AUTIS, KELEBIHAN HORMON, MONYET). Kenapa gua tega? Kalian belom merasakan.

DULU, gua selalu mengaku “Gua suka anak kecil..” Dan memang kenyataannya begitu, karena gua anak paling bontot dan ga punya adek. Bahkan gua sering mimpiin bisa punya adek. Sebelom.. PONAKAN GUA LAHIR. Kenapa dari tadi hurufnya gede2? Karena gua ngetik ini saat lagi emosi. Bener2 emosi sama tuh anak! Sampe sekarangpun gua suka anak kecil, kecuali keponakan gua sendiri. Buktinya, gua sayang sama adeknya si Ferdinand.

Embak2 di mall pada ngeliatin gua dengan tatapan.. “ADA TANTE GILA!” mereka panik, ngeliat ada anak kecil berumur 2 tahun disiksa didepan umum. Terutama waktu gua nyeret tuh anak, sampe kancing bajunya putus semua. Terus waktu gua bejek2 tangannya, sama waktu gua ngelempar tuh anak sampe jatoh (untuk yang kedua kalinya). Kenapa? kalian kan belom merasakan. Kalian ga tau, kalo gua yang disiksa sama dia!

Sekarang gua tau rasanya jadi ibu tiri. Istilahnya sih “itu kan bukan anak gue!! Kenapa bapaknya ga mau ngurusin?” apalagi jadi ibu tirinya keponakan gua. seandainya si Ferdinand punya ibu tiri, dengan rasa duka cita, gua bakal ngasih tuh ibu tiri bingkisan yang gede bertuliskan “TURUT BERDUKA CITA” bukan karena ada yang meninggal kok, tapi karena dia bakal menghabiskan banyak waktu sama anak jin itu.

Pokoknya dari jam 3 sore sampe jam 9 malem, tuh anak gua siksa abis-abisan. Rasa bersalah? Sayangnya ga ada tuh! Karena tuh anak, adalah ANAK SETAN! Gua rasa, bapaknya adalah genderuwo. Makanya bisa ngelahirin anak kaya gitu. Dan kakak gua karena udah kawin sama bapaknya yang genderuwo, berhasillah ngelahirin anak jin kaya gitu.

Gua sama enci gua yang kedua, udah menatap dengan rasa penuh kebencian ke dia.
Kakak gua yang pertama? Tetep facebookan, tanpa dia tahu, anaknya telah jadi korban siksaan para tante-tantenya. Meskipun, kakak gua yang kedua paling kejemnya juga Cuma mukul pantatnya sama tangannya. Gak sampe ngejorokin ataupun nendang tuh anak. Apa gua tega? Enggak gua Cuma mau ngajarin dia.

Tapi.. hati gua mendadak tersentuh. Bener-bener tersentuh, dan entah gimana ceritanya, kejadian penyiksaan tadi berkelebatan di otak gua. dan apa yang bikin gua tersentuh? Waktu kita udah jalan mau pulang, ada pameran penjualan piano. Keponakan gua langsung nyamperin tempat piano itu dan mencet-mencet pianonya. Berhubung gua suka, jadilah gua berdua mencet-mencet pianonya.

Dia seneng, dan entah kenapa gua ngeliat sorot anak kecil yang sesungguhnya dari mata jernih itu. Gua ngerasain, dia emang anak orang dan bukan anak jin. Dia terus-terusan mencet pianonya, dan ga mau pulang-pulang. Apa artinya? DIA BAKAT MUSIK!! Gua punya cita-cita dulu (waktu Ferdinand baru lahir), supaya kalo udah gede, dia bisa punya bakat musik kaya tantenya. Dan kayaknya itu kesampean, karena dari kecil, dia emang suka metik2 gitar gua.

Sampe akhirnya, kakak gua yang kedua langsung narik tangan dia dan nyeret dia buat ngejauh dari piano itu. Tapi dia tetep keukeuh dan ga mau. Dia tetep mencet piano itu. Sampe akhirnya kakak gua yang kedua ngebentak dia terus ngegebuk dia. kakak gua narik dia, sampe dia harus tiduran di tanah buat ngelawan kakak gua, dan emaknya? Masih megang hape. Dia ga perduli sama anaknya. Hati gua mencelos sedih. Sedih banget, padahal siksaan yang gua lakuin tadi jauh lebih banyak dari pada itu.

Gua ga bisa ngebayangin seandainya gua jadi dia. Waktu gua ngeliat piano yang gua suka, waktu gua nyoba mainin musik dari piano itu, waktu gua menyadari kalo gua cinta melodi itu, waktu gua seneng ngedenger suara itu, dan tiba-tiba bapak emak gua nyeret gua ngejauh dan mukulin gua, plus bentakan. Bahkan untuk merasakan musik itu aja, gua harus berjuang.

Waktu gua ngeliat mata dia lagi, gua ngeliat banget. dia juga sedih, dia pasti sedih diperlakuin kaya gitu. Gua tau, kenapa gua ga pernah sebandel dia.. karena bapak emak gua mendidik kita dengan benar, mereka memberi kita perhatian yang memang cukup, mereka juga menyayangi kita selayaknya orang tua, orang tua gua juga selalu ngasih dukungan atas segala pilihan gua, orang tua gua juga selalu ngedukung kalo emang gua cinta musik. Sedangkan dia?

Mata gua mendadak terbuka. Keponakan gua pun manusia. Dia masih kecil, dan dia ga pernah dapet perhatian yang cukup. Emaknya selalu kerja, kerja, kerja, bapaknya pun sama. Dan kau tahu sendiri gimana dengan tante-tantenya. Gua semua ga ada yang pernah perduli sama dia, kita selalu mentingin urusan masing-masing tanpa pernah merhatiin dia. Dia cari perhatian, oke! Dia berhasil, dia mendapat perhatian penuh dengan cara kita tendang dan kita gebukin kaya gitu.

Bisa ga sih kita bayangkan perasaan dia? Mendadak gua jadi pusing dan sedih banget. anak itu malang. Malang, karena dia harus dilahirkan disaat kakak gua emang belom siap untuk punya anak, dan parahnya emaknya beranak lagi, padahal ngurus anak satu aja belom mampu. Kasus piano tadi Cuma contoh dari sekian banyak kasus. Dan gua jadi inget, udah berapa kali gua ngejauhin dia dari segala macem hal kesukaan dia. Mobil, motor, baju, bahkan waktu makan KFC, gimana dia bisa makan dibawah bentakan emaknya dan para tante-tantenya? Kita mukul dia tanpa dia tau alesannya, gua nendang dia tanpa dia ngerti kenapa hal itu buruk, gua ngatain dia dan menjejalkan ke kepalanya banyak banget hal buruk. Gua ngatain dia gila (sampe dia jadi gila beneran), de es be.

Untuk pertama kalinya. Gua merasa bersalah atas segala perlakuan gua.

Gua ngegandeng tangan dia dengan lembut, ga ada bejekan kaya tadi. Dan gua bisikin ke dia.. “Min, kalo Ii udah sukses nanti, kamu ii beliin piano yang gedeee banget.” itu bukan Cuma sekedar kata-kata. Itu suara hati gua yang paling dalem dan paling tulus. Bener-bener paling tulus. Entah dia denger atau enggak, entah dia ngerti atau enggak. Itu janji gua sendiri.

Anak itu ngerti, dia ga diinginkan. Anak itupun ngerti, kehadiran dia mengganggu. Bahkan anak itu ngerti, nyokapnya ga pernah mau merhatiin dia dan sebel banget sama kehadiran dia. Bahkan orang bodoh pun akan ngerti kalo diperlakuin kaya gitu. Tapi anak itu Cuma sekedar anak kecil, seorang anak manusia yang pastinya punya hati dan perasaan (jangan anggap gua lebay, karena gua ngetik ini pas hati gua lagi sedih dan tersentuh banget. siapa bilang gua itu tipe sanguinist? Salah! Gua itu tipe melankolis!).

Gua mungkin ga bisa jadi tante yang baik. Yang selalu baik-baik, yang penuh kelembutan, yang bisa sabar (oh please!) tapi gua bakal nyoba buat jadi tante yang mau ngertiin dia. Lebih dari nyokapnya ataupun bokapnya (mereka berdua ga bisa diharapkan!!). Gua bakal nyoba buat ngertiin kemauan dia, nyoba ngertiin karakter dia, dan pastinya gua bakal sekuat tenaga biar dia dapet perhatian penuh. Karena anak semumuran dia itu Cuma butuh perhatian dan kasih sayang orang tua,

Dapat dipastikan, dia akan bertumbuh jadi anak yang baik.

Source: http://ciaciabakery.blog.friendster.com/

No comments:

Post a Comment